Kamis, 26 Mei 2011

budaya di ambil orang ??? salah siapa ??

Belakangan terdengar isu-isu tidak sedap soal beberapa ragam budaya indonesia diklaim oleh negara tetangga, sebenarnya bukan isu tapi sudah menjadi realita dan telah menimbulkan polemik berkepanjangan antara kedua negara. Sudah dari zaman soekarno hubungan indonesia-malaysia tidak berjalan harmonis, gue mau sedikit cerita ah, kali aja bermanfaat.. Berawal dari keinginan federasi malaya yg lebih dikenal sebagai persekutuan tanah melayu pada tahun 1961 untuk menggabungkan brunei, sabah dan sarawak ke dalam federasi malaya (sekarang malaysia) yg tidak sesuai dengan perjanjian manila accord. Hal ini membuat presiden soekarno geram yg menganggap pembentukan federasi malaya adalah " boneka inggris " merupakan bentuk kolonialisme dan imperialisme dlm bentuk baru serta dukungan terhadap berbagai gangguan keamanan dalam negri dan pemberontakan di indonesia. Hal ini tentu memicu demonstrasi anti-indonesia di kuala lumpur ketika para demonstran menyerbu gedung KBRI, merobek-robek foto soekarno, membawa lambang negara garuda pancasila ke hadapan tenku abdul rahman (perdana mentri malaysia saat itu) dan memaksanya untuk menginjak garuda. Amarah soekarno terhadap malaysia pun meledak hinggga akhirnya presiden soekarno memproklamirkan gerakan ganyang malaysia melalui pidato beliau yg amat bersejarah berikut ini : " kalau kita lapar itu biasa, kalau kita malu itu juga biasa, namun kalau kita lapar atau malu itu karena malaysia, kurang ajar !..kerahkan pasukan ke kalimantan, hajar cecunguk malayan itu ! Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita di injak-injak oleh malaysian keparat itu. Doakan aku, aku akan berangkat ke medan juang sebagai patriot bangsa. Sebagai martir bangsa dan sebagai peluru bangsa yg tak mau di injak-injak harga dirinya. Serukan..serukan ke seluruh pelosok negri bahwa kita akan bersatu untuk melawan kehinaan ini, kita akan membalas perlakuan ini dan kita tunjukkan bahwa kita masih memikiki gigi yg kuat dan kita juga masih memiliki martabat. yoooo.....ayooooo.kita ganjang ...ganjang malay..ganjang malaysia, bulatkan tekad semangat kita badja, peluru kita banyak, nyawa kita banyak, bila perlu satoe-satoe !!!!. 
siapa sih yg tidak membara jiwanya jika membaca pidato tsb. mungkin sebagian dari kita menginginkan sifat soekarno ada di dalam pemimpin saat ini yg hanya memilih diam ketika budaya, wilayah, dan sumber daya alamnya diklaim oleh negara tetangga. sebenarnya ini salah siapa ?. jawabannya adalah berkaca pada diri kita sendiri, banyak dari kita masyarakat dan generasi muda indonesia menginginkan kembalinya ganyang malaysia sedangkan kita sendiri kurang peduli untuk melestarikan budaya kita sendiri,ironis memang, misalnya tarian lesung yg berasal dari banten,tarian ini terancam punah akibat kurang adanya regenerasi dari anak muda untuk melestarikannya, kini rata rata para pemuda indonesia cenderung memilih budaya barat ketimbang budaya sendiri, kadangt terkesan menganggap budaya dalam negri sendiri terkesan kuno atau ketinggalan jaman, gw tau tidak semua orang indonesia seperti itu, akan tetapi pada moment seperti inilah yg membuat negera tetangga leluasa mengklaim budaya kita, gw cuma saran mending kita sama-sama instropeksi diri kita masing-masing kenapa budaya kita dengan gampangnya diklaim oleh negara tetangga, itu karena ulah kita sendiri!!!!!!...negara tidak akan hancur kecuali jika negara itu sendiri yg menghancurkanya....!

2 komentar:

  1. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya ingin semua orang membaca pesan ini dengan saksama. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dengan kreditur kreditur legit, saya telah menderita di tangan kreditor internet palsu di situs-situs tertentu, saya telah mengajukan beberapa perusahaan pinjaman di sini dan yang mereka lakukan hanyalah meminta saya untuk Pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Saya kesakitan karena hutang saya, dan saya membayar pembayaran lagi untuk mendapatkan pinjaman agar bisa menghasilkan hutang yang lebih besar. Saya senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dialah yang memberi tahu saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN LOAN FIRM, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi saya sangat senang saat pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari setelah mendaftar. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan stabil secara finansial saat saya menulis pesan ini. Jadi jika ada di antara Anda yang mengajukan permohonan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di emailnya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman nyata, yang lain salah. Ikuti saja semua prosedur di Nicole Morgan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjamannya, jadilah bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi ibu Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    Hubungi saya juga agar bisa memberi lebih banyak informasi dan panduan hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus