Jumat, 27 Mei 2011

REVOLUSI SEKTOR JASA

Definisi Jasa

Menurut Philip Kotler definisi jasa adalah Setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksi jasa bisa berkaitan dengan produksi secara fisik ataupun tidak.

Karakter Jasa :
jasa memiliki karakteristik yang berbeda beda dalm setiap cara pemasarannya , dibawah inimerupakan beberapa karaketer dari jasa :

1. Intangibility (tidak berwujud)
Jasa tidak bisa dilihat dan dirasakan oleh konsumen sebelum konsumen membeli atau mendapatkan penyedia jasa. Konsumen juga tidak bisa memprediksikan apa hasil yang akan diperoleh dengan mengkonsumsi jasa kecuali setelah membelinya. Seorang pasien tidak akan tahu apakah nasihat dokter itu berhasil kecuali setelah ia melakukan konsultasi dan mengikuti apa yang dinasehatkan.


Beberapa karakter dari intangibility adalah:
• Suatu jasa baru bisa dirasakan ketika jasa tersebut disampaikan kepada konsumen.
• Suatu jasa kadang terasa sulit dipahami konsumen.
• Suatu jasa sulit kadang sulit untuk dijelaskan kepad konsumen
• Penilaian akan kualitas sulit ditentukan oleh konsumen
• Harga sulit untuk ditentukan

Karena tidak berwujud, konsumen biasanya melihat tanda-tanda dan sesuatu yang bisa dilihat atau dirasakan untuk bisa menilai kualitas suatu jasa. Mereka akan melihat kualitas dari para pegawainya, peralatan, tempat, simbol, dan juga harga yang bisa mereka rasakan.

2. Inseparability (tidak terpisahkan)
Sebuah jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan. Sebuah produk yang ada secara fisik biasanya diproduksi di pabrik, didistribusikan oleh distributor, ke toko dan baru dikonsumsi oleh konsumen. Pada jasa, faktor penyedia jasa (orang) langsung berperan dalam produksi jasa. Karena konsumen juga menjadi salah satu faktor penting dalam proses penyediaan jasa, interaksi yang baik antara penyedia jasa dan konsumen menjadi faktor yang sangat penting. Karena itu, terkadang kualitas sebuah jasa tidak hanya ditentukan oleh faktor kualitas dari penyedia jasa, tetapi juga oleh kesungguhan dan komitmen dari konsumen.

Karakter dari inseparability adalah:
• Konsumen harus berpartisipasi dalam proses produksi jasa.
• Suatu jasa yang disampaikan terikat dengan satu penyedia jasa
• Jumlah jasa yang diberikan tergantung dari penyedia jasa

3. Variability (tidak ada standar)
Suatu jasa biasanya sulit dibuat standar kualitasnya, karena masing-masing mempunyai standar proses sendiri-sendiri tergantung kualitas dari proses internal penyedia jasa. Walaupun demikian, sedapat mungkin sebuah organisasi/perusahaan penyedia jasa seyogyanya membuat standar layanan agar kualitas jasanya bisa lebih dikontrol.

Karakter jasa dalam hal ini adalah;
• Jasa tidak bisa disampaikan dalam kondisi yang sama.
• Kualitas yang tidak sama menambah potensi resiko pada konsumen
• Perusahaan perlu mengurangi resiko pelanggan dengan memberikan jaminan kualitas, misalnya kartu garansi.

4. Perishability (tidak bisa disimpan)
Berbeda dengan produk, suatu jasa tidak bisa disimpan. Ia diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan dan tidak bisa disimpan. Efeknya pada pemasaran terutama pada sisi permintaan. Jika permintaan stabil akan memudahkan penyedia jasa untuk melakukan persiapan. Tetapi jika permintaan fluktuatif, lebih sulit bagi penyedia jasa untuk melakukan strategi pemasaran.

5. Lack of ownership
Pada pembelian barang konsumen memili-ki hak penuh atas produk yg dibelinya.
Pada pembelian jasa, pelanggan hanya memiliki akses personal atas suatu jasa untuk jangka waktu tertentu.

Kotler menyebut tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol kualitas pelayanan:
1. Melakukan seleksi pegawai yang baik dan meningkatkan keterampilan mereka melalui berbagai pelatihan.
2. Melakukan standarisasi proses layanan pada seluruh organisasi. Ini bisa dilakukan dengan menentukan “cetak biru layanan“ (service blue print) berisi seluruh alur proses penyediaan jasa mulai dari awal hingga akhir untuk memudahkan pengecekan kualitas setiap proses.
3. Memonitor kepuasan pelanggan melalui survey, feedback form, dan tanggapan serta keluhan pelanggan sehingga kualitas pelayanan yang kurang baik bisa dideteksi.


Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Industri Jasa
Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perkembangan industri jasa. Beberapa di antaranya adalah:
• Perubahan regulasi pemerintah. Beberapa contoh di antaranya adalah: jasa telekomunikasi yang dulu dimonopoli Telkom sekarang ini perusahaan swasta (Indosat) boleh masuk, dan bahkan di bisnis telepon seluler tidak ada monopoli. Jasa asuransi kesehatan, tenaga kerja dan pensiun yang dulu harus melalui Jamsostek sekarang ini bisa dilakukan oleh perusahaan swasta. Perubahan regulasi ini menumbuhkan sektor jasa yang cukup cepat.
• Tumbuhnya berbagai asosiasi profesional seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan berbagai asosiasi lain yang mendorong tumbuhnya berbagai perusahaan profesional.
• Komputerisasi dan perkembangan teknologi.
• Tumbuhnya waralaba di berbagai sektor dan industri
• Tumbuhnya lembaga pembiayaan dan lembaga penyewaan
• Globalisasi

Perkembangan Pendidikan Sebagai Industri
• Globalisasi dan Perkembangan Teknologi
• Pergantian Status Universitas Negeri Menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN)
• Tumbuhnya Waralaba Pendidikan Asing
• Tumbuhnya Berbagai Sekolah Unggulan
• Kerjasama Pendidikan Asing Dengan Pendidikan Dalam Negeri
• Tumbuhnya Berbagai Kursus dan Program Luar Sekolah
• Tumbuhnya Jasa Pendaftaran Pendidikan Ke Luar Negeri

1 komentar:

  1. Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus