Rabu, 09 Januari 2013

Pria Korea, K-POP, dan Wajib Militer

Wajib Militer atau yang biasa disingkat wamil merupakan salah satu kewajiban bagi seorang warga korea khususnya pria korea berusia 18-35 tahun. Wajib Militer atau Wamil tidak memandang oarang atau pria tersebut merupakan artis ataukah warga biasa. Korea Selatan gencar menjalakan wamil karena negara tetangganya korea Utara yang masih terasa hambar setelah perang Korea yang akhirnya memisahkan kedua Negara tersebut.

Wajib Militer wajib dijalakan oleh pria namun juga ada beberapa wanita Korsel yang dengan sukarela mendaftar untuk mengikuti Wajib Militer. Biasanya Wamil dilakukan selama 2,3-2,5 tahun dan untuk Wamil sukarela bisa sampai 3 tahun. Strees biasanya menghinggapi para pria yang mengikuti wajib militer karna mereka akan berada dalam asrama hingga waktu yang ditentukan. Meski bertemu keluarga ataupun membawa ponsel disaat tertentu tidak dilarang, namun pelatihan yang berat membuat para pria tersebut merasa stress.

Ada juga beberapa golongan orang-orang yang tidak diwajibkan untuk mengikuti Wajib Militer, diantaranya :
  1. Orang cacat
  2. Ilmuan
  3. Orang yang berjasa bagi Negara (cnth : pesepakbola)
  4. Kriminal
  5. Orang yang mengalami cidera fisik
  6. Jika laki-laki adalah pencari nafkah utama
  7. Sudah menikah dan tidak memiliki anak laki-laki
Tidak terkecuali para K-pop star di Koresel sana, para K-pop star juga tak luput dari kewajibannya untuk mengikuti Wajib Militer.  Selasa 30 Oktober lalu. Sebagai pria dewasa sehat di Korea, Leeteuk harus meninggalkan dunia hiburan untuk 21 bulan.Kepergian Leeteuk menjadi emosional karena ia selalu menjadi leader yang baik bagi Super Junior. Banyak yang khawatir akan kondisi Super Junior jika Leeteuk tak ada. Leeteuk pun tampaknya punya kekhawatiran yang sama.

Meski demikian, ada pula selebriti yang menyelesaikan wajib militernya sebelum debut menjadi selebriti. Mereka jadi bisa menjalani karier dengan tenang tanpa terganggu. Seperti yang dilakukan personel 2AM Changmin.Changmin selesai mengikuti wajib militer pada 2008 lalu di usia 22 tahun. Di tahun yang sama, ia kemudian debut bersama 2AM. Changmin menjadi satu-satunya idola KPop yang selesai wajib militer sebelum debut.Saat ini banyak sekali nama besar yang masih menjalani kewajibannya tersebut. Dari Leeteuk, Hyun Bin, Rain, Heechul 'Super Junior', Hwanhee, Wheesung, dan masih banyak lagi.

Cr : http://hot.detik.com/music/read/2012/11/01/111611/2078390/1180/korea-selatan-kpop-dan-wajib-militer
http://bukusinopsis.blogspot.com/2012/05/wajib-militer-wamil-di-negara-korea.html

1 komentar: