Rabu, 04 Januari 2012

Pemancing Yang Menciptakan Kapal Amfibi

SIR CHRISTOPHER SIDNEY COCKERELL 
Pencipta Kendaraan Serba Guna Hovercraft

Sir Christopher Sydney Cockerell lahir pada 4 Juni 1910 di Cambridge, Inggris. Ia lahir dari keluarga terpandang. Ayahnya Sir Sydney Cockerell, adalah seorang kurator Fitzwilliam Museum yang menjadi sekretaris William Morris. Christoper menikmati pendidikan dasarnya di di Gresham’s School. Ia masuk kuliah di Cambridge University Inggris, dengan mengambil ilmu elektronika. Ia juga aktif dalam organisasi kemahasiswan dengan menjadi anggota Peterhouse.

 Setelah lulus kuliah, Christopher mengembangkan karir intelektualnya dengan bekerja di Radio Research Company. Namun, pekerjaan yang banyak menyita waktunya  membuatnya bosan. Kemudian setelah menikah dengan Lady Margaret Cockerell, ia bekerja di perusahaan Marconi di tahun 1935. Namun selama perang dunia kedua berlangsung, ia lebih tertarik untuk bekerja membangun sistim radar di negaranya yang pada waktu itu, pemerintahan Iggris  masih dipimpin oleh Winston Churchill.

Pada 1950, Christopher mempunyai ide untuk membuat sebuah kapal yang bisa berlayar lebih cepat dengan mengurangi jumlah gesekan ketika berjalan melalui air. Hovercraft yang dibayangkan Christopher  pada waktu itu sebagai sebuah perpaduan antara pesawat udara, sebuah kapal, dan kendaraan di darat. Hovercraft digerakkan sebuah bantalan berisi udara yang dibuat tenaga kipasnya. Oleh karena itu, Hover berada tepat di atas ombak laut dan mesti menghindari permukaan tanah yang tidak rata.

 Christoper  lalu membuat prototipe kendaraan yang menggunakan bantalan udara. Bentuk awalnya,  lebih mirip piring terbang ketimbang sebuah kapal. Untuk mengembangkan temuannya yang brilian ini,  Christoper harus  berusaha keras untuk meyakinkan pemerintah Inggris. Lima tahun kemudian,  Christoper berhasil meyakinkan kementerian negara, namun tidak diperkenankan memproduksi secara besar-besaran, karena penemuannya ini dimasukkan ke daftar rahasia negara yang dapat memberikan keuntungan bagi militer. Setelah mendapatkan kepercayaan penuh, Christoper baru bisa mengembangkan proyek tersebut dengan sokongan dana dari National Research Development Council sebesar 150 ribu poundsterling. Pada tahun 1958 National Research and Development Corporation mengambil alih rancangan tersebut dengan membayar hak paten sebesar 1.000 Pound Sterling serta mengganti rugi biaya unit eksperimennya.

 Dalam perkembangannya, hovercraft digunakan untuk berbagai keperluan. Inggris, India, dan Cina menggunakannya sebagai angkutan penumpang dan barang. Hovercraft tipe SRN-4 yang dioperasikan di Selat Inggris mampu mengangkut 370 penumpang dan 50 sedan dengan kecepatan jelajah 110 kilometer per jam. Hovercraft juga telah digunakan dalam berbagai operasi militer sebagai kapal pendarat pasukan ataupun tank dari laut atau danau ke daratan. Karena memiliki tekanan permukaan yang kecil, kendaraan ini dapat berjalan melintasi pantai yang ditanami ranjau. Pendaratan tank dan pasukan Amerika Serikat menggunakan hovercraft pada Perang Teluk di Kuwait mampu melewati pantai yang penuh ranjau serta masuk ke daratan sampai sejauh 10 mil. Amerika juga telah memanfaatkan hovercraft untuk mengangkut peralatan berat dalam berbagai misi kemanusiaan

Berkat temuan Christoper melalui hovercraft sangat membantu memperlancar transportasi di wilayah yang belum tersedia sarana pelabuhan yang memadai. Cukup dengan adanya pantai yang landai, hovercraft dapat mendarat. Bandingkan dengan sebuah kapal laut dan jetfoil yang memerlukan sarana pelabuhan yang memerlukan biaya pembangunan yang tidak murah.


Sir Christopher Sydney Cockerell wafat di Hythe, Hampshire pada 1 Juni 1999. Ia meninggal, 3 hari sebelum merayakan ulang tahunnya ke 88 tahun. Atas jasanya di bidang penemuan hovercraft, Christopher dianugerahi gelar bangsawan Inggris tahun 1969.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar