Selasa, 03 Januari 2012

BISNIS DENGAN SOSIAL MEDIA

Keberadaan sosial media semakin marak dari tahun ke tahun. apabila dulu yang populer adalah friendster, kini sudah ada facebook, twitterm flickr dan masih banyak lagi.Fungsi utama sosial media adalah untuk bersosialisasi dengan teman lama atau pun dengan teman baru, tapi apakah tidak bisa untuk berjualan di sosial media?  tentu saja bisa tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.mari simak penjelasannya berikut.

* Biaya Murah
sosial media yang paling banyak digunakan di indonesia adalah facebook. dalam akun pribadi, seorang pengusaha bisa memasukkan informasi-informasi tentang barang dagangannya. namun karna sosial media adalah ajang bersosialisasi, kita tidak bisa untuk mengharapkan seseorang langsung membeli ketika mempromosikan sesuatu. selain facebook dan sebagainya, sekarang banyak penyedia situs dengan harga murah, namun kalo memang tidak memiliki modal lebih sosial media merupakan saran satu-satunya untuk berbisnis. selain tidak diperlukan biaya apapun sosial media facebook sangat mudah untuk di akses dimana saja. selain akun facebook, kita juga dapat menggunakan Blog, kita dapat membuka situs blog tanpa bayar alias gratis, sangat hemat kan ?

* Pahami Karakteristiknya
diantara banyak sosial media, mana yang sangat efektif untuk membuka bisnis? dan bagaimana cara memilihnya? setidaknya ada empat jenis sosial media yaitu mailing list, facebook, twitter, dan blog. masing-masing sosial media memiliki karakteristiknya sendiri, penjelasan singkatnya sebagai berikut :
  1. Mailing List adalah kelompok diskusi di email. biasanya satu mailing list hanya membahas satu topik tertentu, misalnya masak-memasak, sejarah indonesia dan sebagainya.
  2. Twitter adalah sarana untuk menyampaikan informasi singkat. isinya sangat terbatas hanya bisa 140 karakter. sampai saat ini twitter tidak memiliki fungsi khusus untuk berjualan.
  3. Facebook memuat lebih banyak informasi dari pada twitter, kita bisa mencantumkan profil kita sebagai pengusaha. di facebook kita juga dapat memuat foto-foto produk.
  4. Blog,. kita dapat memaksimalkan blog untuk memajang semua produk, memantau penjualan, membicarakan harga, menerima keluhan, dan masih banyak lagi. pokoknya semua dapat dilakukan di blog.
KIAT-KIAT MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA
untuk dapat menggunakan sosial media secara efektif ada pula beberapa tip yang bisa di ikiti, antaranya :
  • Pilih hanya satu Blog. bentuk blog memang banyak, tapi tetapkan pilihan pada satu blog agar dapat lebih fokus dalam berbisnis.
  • Buat tampilan Blog yang bagus dan menarik. tidak perlu yang aneh ataupun ribet dalam mendekor blog. yang penting blog itu dapat menyampaikan maksud untuk berbisnis.
  • Belajarlah dari pebisnis yang sudah berhasil. ketika berusaha untuk menarik perhatiann calon pelanggan jangan tawarkan produk itu sendiri, melainkan keuntungan yang bisa didapatkan karena membeli produk.
  • Slalu minta pendapat pelanggan. tanyakan pada mereka perbaikan atau penyempurnaan apa yang harus dilakukan terhadap produk yang diperjualkan. kalo puas maka mereka akan mempromosikan usaha kita kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar