Rabu, 20 April 2011

BERBURUK SANGKA DAPAT MERUGIKAN DIRI SENDIRI


Bisa Terjadi Kepada Setiap Orang
Mungkin saja antara satu saudara dapat berburuk sangka terhadap saudara lain, teman main dapat juga berburuk sangka dangan teman yang lain, atau seorang mahasiswa terhadap dosennya ataupun sebaliknya, juga antara sesame jema’ah pengajian dapat pula berburuk sangka, bahkan orang tua terhadap anaknya pun dapat saling berburuk sangka, dan lain sebagainya.
Padahal berburuk sangka itu adalah dosa. Berburuk sangka adalah suatu perbuatan dimana seseorang melakukan penilaian terhadap orang lain yang hanya berdasarkan dari suatu dugaan, perkiraan atau asumsi belaka tanpa adanya satu penyelidikan dan bukti terlebih dahulu.
Dan berburuk sangka itu adalah suatu sangkaan yang buruk terhadap seseorang dan kebalikan dari berbaik sangka. Dengan seseorang berburuk sangka terhadap orang lain akan berujung kepada keretakan dari suatu hubungan bahkan dapat berakibat menjadi suatu permusuhan.
Menimbulkan Sifat Buruk
Berburuk sangka akan membuat kita menjadi rugi, karena apa yang kita kemukakan merupakan suatu dusta yang sebesar-besarnya. Berburuk sangka kepada orang lain tidak hanya berakibat pada penilaian dosa dan dusta yang besar, tapi juga akan mengakibatkan munculnya sifat-sifat buruk lainnya yang sangat berbahaya, baik dalam perkembangan pribadi maupun hubungannya dengan orang lain.
Sifat-sifat itu antara lain Ghibah, Kebencian, Hasad, Menjauhi Hubungan dengan Orang Lain, DLL.


Jangan Menilai Kekurangan Orang Lain
Supaya kita dapat terhindar dari berburuk sangka, maka tidak ada lain kecuali dengan senantiasa berusaha untuk tidak pernah menilai seseorang dari kekurangannya dan dari kejelekannya. Melainkan melihat segala sesuatunya dari sudut pandang kebaikannya.
Kecuali bila orang tersebut telah terbukti untuk harus diwaspadai, maka kita dibolehkan dalam bergaul dengannya untuk menjaga kehati-hatian. Namun tentunya dengan tidak membiarkan pikiran kita melayang dengan sudah membayangkan hal-hal yang buruk akan terjadi, sehingga akan mengarahkan kepada buruk sangka terhadap orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar