Rabu, 20 April 2011

KERTAS DAN DUNIA TULIS MENULIS


KERTAS DAN DUNIA TULIS MENULIS
Sebuah penemuan penting dalam dunia tulis menulis !
Sebelum menggunakan kertas, bangsa-bangsa dahuku menggunakan lempengan dari tanah lempung yang dibakar. Ada juga penggunaan batu sebagai prasasti, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, dan bakan daun lontar sebagai media menulis.
Bangsa Mesir menyumbangkan papyrus pada masa Firaun. Penggunaannya kemudian menyebar keseluruh Timur Tengah hingga Romawi dan Seantero Eropa. Dari kata papyrus kemudian kita mengenal paper dalam bahasa Inggris, papier dalam bahasa Spanyol, Perancis dan Jerman, atau orang Spanyol menyebutnya dengan papel.
Dalam sejarah adalah peradaban China yang menyumbangkan kertas bagi dunia. Tsai Lun menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat seanteroChina pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring perkembangan dan menyebarnya bangsa-bangsa China ke Timur. Namun bsgitu, pada awalnya pembuatan kertas dan ukurannya merupak hal yang sangat rahasia.
Pada tahun 1997, Nicholas Louis Robert dari Perancis menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam mesin yang kini dikenal dengan mesin Fourdriner. Friedrich Gottlob Keller kemudian menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu pada 1814, tapi kualitas kertas yang dihasilakn mesih rendah. Kemudian 1857, kimiawan Amerika bernama Benjamin Chew Tilghman menggunakan proses sulfit dalam pembuatan kertas. Pulp yang dihasilakan dari hasil sulfit ini bagus dan siap diputihkan.
Sumber : Majalah Pelajar dan www.infogue.com

1 komentar:

  1. saya izin pakai foto kertasnya. jika tidak berkenan silakan email ke saya

    BalasHapus